adalah interaksi antara suara, gambar statis, animasi dan video (Perry,1994). Ditinjau dari kata-kata pembentuknya, multimedia berarti “melibatkan berbagai media”. Dengan menggunakan multimedia, informasi dapat ditampilkan secara serentak melalui berbagai media.
2. Virtual Reality
adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. contoh, pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.
3. Kelompok Aplikasi Multimedia
- Presentasi bisnis
- Pelatihan berbasis computer(CBT/Computer Based Trianing)
- Pendidikan
- Hiburan
- Penyajian Informasi
- Kios interaktif
- Telekonferensi
4. Morphing
Morphing adalah Teknik ini menggunakan konsep metamorfose dari suatu gambar awal menjadi gambar akhir. Contohnya merubah wajah seseorang menjadi binatang
5. Contoh aplikasi Virtual Reality
Format
|
Aplikasi
|
Manufaktur
|
Pelatihan
Pengujian
rancangan
Prototype
semu
Analisis
engineering
Analisis
ergonomik
Simulasi
semu dalam perakitan, produksi, dan pemeliharaan
|
Arsitektur
|
Perancangan gedung dan struktur
lainnya
|
Militer
|
Pelatihan
(pilot, astronot, pengemudi)
Simulasi
peperangan
|
Kedokteran
|
Pelatihan
Pembedahan (melalui simulasi)
Percangan
pembedahan
Terapi
fisik
|
Penelitian/Pendidikan
|
Laboratorium fisika virtual
Studi tentang topan
Konfigurasi
Galaksi
Pengujian
matematika kompleks
|
Hiburan
|
Museum
virtual
Permainan
balap mobil 3-D
Simulasi
pertempuran udara
Arcade
Taman
virtual
Simulasi
ski
|
Nama : Dita Founciana Safitri
NIM : 41812120030
No comments:
Post a Comment